Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pendekatanopen ended untuk siswa kelas VII-E di MTs Robi’ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Hasibuan, Nurhalimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6512/1/1620200080.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6512/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dimana siswa hanya mampu mengerjakan soal yang sama persis dengan contoh yang diberikan oleh guru, dan ketika ada soal yang berbeda dari contoh maka siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikannya seperti halnya soal dalam berpikir kreatif. Hal ini terjadi karena guru kurang membiasakan siswa dengan masalah-masalah terbuka sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa kurang terasah.Adapun rumusan masalah ini adalah apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas VII-E Robi’ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas meningkat dengan menggunakan pendekatan Open Ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan Open Ended dikelas VII-E Robi’ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing terdiri dari empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E MTs Robi’ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 29 orang. Instrumen pengumpulan data dengan tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi kegiatan siswa. Tes dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat pada materi operasi bilangan bulat melalui pendekatan Open Ended, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes dimana nilai rata-rata tes awal dari 29 siswa kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 67,24 dan meningkat pada tes siklus I pertemuan ke-1 dengan nilai rata-rata 70,47 dan meningkat pada tes siklus I pertemuan ke-2 dengan nilai rata-rata 73,28. Pada tes siklus II pertemuan ke-1 dengan nilai rata-rata 76,08 dan meningkat pada tes siklus II pertemuan ke-2 dengan nilai rata-rata 79,74 .