Profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Swsta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan

Main Author: Tarihoran, Toiba
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6508/1/1620100039.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6508/
ctrlnum 6508
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6508/</relation><title>Profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Swsta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan</title><creator>Tarihoran, Toiba</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130313 Teacher Education and Professional Development of Educators</subject><description>Profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA swasta Islam terpadu darul hasan padangsidimpuan. Yang menjadi latar belakang masalah dari penelitian ini, profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum 2013, apapun kurikulumnya harus didukung oleh guru professional, karena mereka merupakan garda terdepan dan ujung tombak implementasi kurikulum dan pembelajaran yang berhadapan langsung dengan peserta didik. sebagus apapun lembaga pendidikannya dan setinggi apapun bangunannya harus di dukung oleh guru professional. Dengan kata lain, tanpa guru professional perubahan kurikulum tidak akan memberikan sumbangan yang berarti terhadap kualitas pembelajaran dan mutu lulusan umumnya. Oleh karena itu, untuk menyukseskan SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan perlu disiapkan guru profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan, melakukan monitoring dan evaluasi dan menerapkan metode yang bervariasi dan materi pembelajarannya dikembangkan . Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Bagaimana implementasi kurikulum 2013 di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi kurikulum 2013 Di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, dengan pelengkap kepala sekolah, WK bidang kurikulum. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah menelaah seluruh data, kemudian menafsirkan data, selanjutnya membuat kesimpulan dengan merangkum uraian dalam kalimat yang singkat dan padat. Profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA swasta islam terpadu darul hasan padangsidimpuan sudah dapat dikatakan professional mencakup dari hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan. Dan guru yang memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan bidangnya yaitu sarjana pendidikan agama islam, dan memiliki empat kompetensi (1. Kompetensi pedagogik, dapat mengolah pembelajaran, 2. kompetensi kpribadian, yaitu berakhalak mulia, bijaksana, arif dan tauladan bagi peserta didik, 3. kompetensi professional, penguasaan materi pelajaran secara luas, dan mendalami melalui media IPTEK, dan menerapkan kurikulum 2013, 4. kompetensi sosial, hubungan antara siswa dan guru harus sejalan. Serta harus memiliki sertifikat pendidikan.</description><date>2020-12-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6508/1/1620100039.pdf</identifier><identifier> Tarihoran, Toiba (2020) Profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Swsta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan. </identifier><recordID>6508</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Tarihoran, Toiba
title Profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Swsta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan
publishDate 2020
isbn 9781620100035
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
url http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6508/1/1620100039.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6508/
contents Profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA swasta Islam terpadu darul hasan padangsidimpuan. Yang menjadi latar belakang masalah dari penelitian ini, profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum 2013, apapun kurikulumnya harus didukung oleh guru professional, karena mereka merupakan garda terdepan dan ujung tombak implementasi kurikulum dan pembelajaran yang berhadapan langsung dengan peserta didik. sebagus apapun lembaga pendidikannya dan setinggi apapun bangunannya harus di dukung oleh guru professional. Dengan kata lain, tanpa guru professional perubahan kurikulum tidak akan memberikan sumbangan yang berarti terhadap kualitas pembelajaran dan mutu lulusan umumnya. Oleh karena itu, untuk menyukseskan SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan perlu disiapkan guru profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan, melakukan monitoring dan evaluasi dan menerapkan metode yang bervariasi dan materi pembelajarannya dikembangkan . Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Bagaimana implementasi kurikulum 2013 di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi kurikulum 2013 Di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, dengan pelengkap kepala sekolah, WK bidang kurikulum. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah menelaah seluruh data, kemudian menafsirkan data, selanjutnya membuat kesimpulan dengan merangkum uraian dalam kalimat yang singkat dan padat. Profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA swasta islam terpadu darul hasan padangsidimpuan sudah dapat dikatakan professional mencakup dari hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan. Dan guru yang memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan bidangnya yaitu sarjana pendidikan agama islam, dan memiliki empat kompetensi (1. Kompetensi pedagogik, dapat mengolah pembelajaran, 2. kompetensi kpribadian, yaitu berakhalak mulia, bijaksana, arif dan tauladan bagi peserta didik, 3. kompetensi professional, penguasaan materi pelajaran secara luas, dan mendalami melalui media IPTEK, dan menerapkan kurikulum 2013, 4. kompetensi sosial, hubungan antara siswa dan guru harus sejalan. Serta harus memiliki sertifikat pendidikan.
id IOS14688.6508
institution IAIN Padangsidimpuan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 513
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan
library_id 57
collection E-Theses IAIN Padangsidimpuan
repository_id 14688
city KOTA PADANG SIDIMPUAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14688
first_indexed 2021-12-02T02:27:14Z
last_indexed 2022-06-11T08:58:21Z
recordtype dc
_version_ 1735329475722215424
score 17.538404