Pengaruh marketing mix terhadap volume penjualan pada UD. Cinta Rasa di Desa Sidadi 1 Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Ritonga, Mas Ainil Mardiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6486/1/1440200110.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6486/
Daftar Isi:
  • Perkembangan usaha kerupuk nasi yang terus menerus meningkat karena petumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi yang semakin cepat, mengharuskan para pelaku bisnis untuk terus berinovasi dalam dalam mengembangkan bisnisnya yaitu untuk mempertahankan posisi persaingan yang lebih unggul dari usaha pesaingnya. Dalam meningkatkan daya saing, setiap perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi dan situasi pasar. Pengetahuan tentang marketing mix yang baik dalam kegiatan pemasaran secara intensif merupakan faktor penting yang harus diketahui perusahaan guna dalam meningkatkan volume penjualan. Permasalahan dalam penelitian ini dapat dilihat dari penerapan marketing mix yang sudah baik dan volume penjualan cenderung menurun dan fluktuatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan marketing mix yang membahas tentang produk, harga, saluran distribusi, promosi dan volume penjualan serta dengan sub pembahasannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah quesioner dan wawancara dengan teknik cluster sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 56 sampel. Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dengan menggunakan program SPSS Versi 23, diperoleh hasil penelitian, secara simultan menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Hal tersebut terbukti dengan Fhitung > Ftabel sebesar 4,008 > 2,55. Berdasarkan perhitungan secara parsial diketahui bahwa variabel produk dan variabel saluran distribusi memiliki pengaruh positif terhadap volume penjualan sedangkan variable harga dan variabel promosi tidak berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan nilai thitung > t tabel. Selanjutnya variabel produk, harga, saluran distribusi dan promosi dikatakan mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap volume penjualan sebesar 24% terhadap variabel dependennya. Sedangkan 76% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini.