Kesulitan siswa kelas V sekolah dasar (SD) dalam belajar matematika secara mandiri pada masa pandemi di Lingkungan VI Pasar Sibuhuan
Main Author: | Hasibuan, Rumondang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6468/1/1620200046.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6468/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam belajar matematika secara mandiri pada masa pandemi. Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa pandemi covid-19 yang antara lain memuat arahan tentang proses belajar dari rumah. Proses belajar dari rumah ini terjadi di seluruh jenjang pendidikan baik itu tingkat Sekolah Dasar maupun Perguruan Tinggi, kegiatan belajar dari rumah dilaksanakan dengan tetap melibatkan peserta didik melalui pembelajaran jarak jauh. Pada masa pandemi covid-19 siswa-siswi dianjurkan belajar dari rumah dengan bantuan orangtua, adapun siswa-siswi tentu merasa kesulitan dalam belajar matematika secara mandiri di rumah dimana proses pembelajaran yang jauh berbeda dengan yang sebelumnya, siswa-siswi tentu kesulitan dalam belajar secara mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika secara mandiri di rumah? Apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru untuk dipelajari secara mandiri di rumah? Faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar matematika secara mandiri di tengah wabah Covid-19? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika secara mandiri pada masa pandemi covid-19 ini Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini adalah Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar (SD) dalam Belajar Matematika Secara Mandiri Pada Masa Pandemi di Lingkungan VI Pasar Sibuhuan adalah fasilitas teknologi yang kurang memadai, terlalu banyaknya materi pelajaran yang diberikan guru sehingga siswa-siswi merasa kesulitan dalam memahami konsep pelajaran, tugas sekolah yang terlalu banyak membuat siswa-siswi merasa kesulitan dalam mengerjakannya. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa adanya Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar (SD) Dalam Belajar Matematika Secara Mandiri Pada Masa Pandemi Di Lingkungan VI Pasar Sibuhuan