Pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar topik aljabar di kelas VII SMP IT Darul Hasan Padangsdimpuan
Main Author: | Lubis, Putri Lusiana Lubis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6467/1/1620200047.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6467/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fakta bahwa masih banyak siswa di kelas VII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan yang belum paham dan mengerti mengenai materi aljabar. Siswa yang belum paham dan mengerti mengakibatkan kurangnya penalaran. Sehingga berdampak pada hasil belajar materi topik aljabar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik siswa terhadap hasil belajar topik aljabar di kelas VII SMP IT Darul Hasan Padangsdimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 18 orang. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrument tes dengan tes pilihan berganda sebanyak 20 untuk tes kemampuan numerik dan 20 untuk tes hasil belajar topik aljabar. Sedangkan untuk pengujian hipotesis digunakan analisis korelasi product momen, koefisien determinasi, dan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar topik aljabar dimana hasil analisis korelasi product momen yaitu sebesar 0.88 yang berarti sangat kuat. Sedangkan untuk signifikansinya dilakukan perhitungan uji t yang menghasilkan nilai sebesar 7.48 dimana ( ) yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Dan untuk persamaan regresi nya diperoleh ̂ x. Persamaan regresi Y terhadap X tersebut menunjukkan bahwa rendahnya perolehan skor rata-rata topic aljabar tidak mempengaruhi perolehan skor kemampuan numerik. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh X terhadap Y . Sedangkan untuk uji F diperoleh bahwa > atau 28.15 > 4.49, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar topik aljabar di kelas VII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan.