Pengaruh penggunaan alat peraga domino matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas V di SD Negeri 401 Panyabungan
Main Author: | Rangkuti, Nur Sakinah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6443/1/1620500090.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6443/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V di SD Negeri 401 Panyabungan belum maksimal pada pembelajaran Matematika. Hal ini disebabkan oleh siswa belum mendapatkan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Matematika, salah satunya adalah penggunaaan media atau alat peraga pembelajaran. Oleh karena itu, para peserta didik kesulitan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga domino Matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas V di SD Negeri 401 Panyabungan. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui: apakah terdapat pengaruh penggunaan alat peraga domino Matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas V di SD Negeri 401 Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SD Negeri 401 Panyabungan. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Instrument pengumpulan datanya adalah tes pilhan berganda. Tes tersebut diberikan 2 kali, sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t sehingga diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada aspek kognitif siswa dengan menggunakan alat peraga domino Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan kelas V di SD Negeri 401 Panyabungan.