Pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru matematika dalam materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Asrullah Ariga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6372/1/1420200081.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6372/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah tekonologi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan, penerapan tekonologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika masih belum terlaksana secara maksimal, guru belum memanfaatkan sarana prasarana yang tersedia di sekolah tersebut, seperti pemanfaatan Komputer dan Internet, Infokus, Slide dan Film strip, Overhead Pro yang disediakan oleh sekolah tersebut belum sepenuhnya dipergunakan saat pembelajaran berlangsung dan sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika materi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan? Kendala-kendala apa yang ditemukan dalam pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan? Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari observasi dan wawancara Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan, wawancara secara langsung dengan Kepala Sekolah, dan guru Matematika. Dalam penelitian ini didukung oleh data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap masalah yang dideskripisikan.Selanjutnya penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi pendidikan pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 2 padangsidimpuan telah terlaksana meskipun belum sepenuhnya. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran Matematika yang dilaksanakan oleh guru sudah menggunakan beberapa media digital seperti, laptop, komputer, infocus, media gambar, video pembelajaran, penggunaan power point, microsoft word dan aplikasi lainnya baik berupa online maupun offline. Kendala yang dialami guru dalam menggunaan teknologi pendidikan pada materi bangun ruang sisi datar adalah guru tidak paham dalam menggunakan teknologi pendidikan, Keterbatasan teknologi pendidikan seperti jaringan internet yang tidak stabil, Keadaan teknologi pendidikan yang belum memenuhi kebutuhan siswa, dan belum sesuai dengan situasi pembelajaran.