Pengaruh penguasaan konsep operasi hitung bilangan bulat terhadap hasil belajar faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu
Main Author: | Nur, Fauziah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/631/1/13%20330%200088.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/631/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang menguasai konsep operasi hitung bilangan bulat sehingga siswa berkesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan faktorisasi suku aljabar. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep operasi hitung bilangan bulat terhadap hasil belajar faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis dilaksanakan secara kuantitatif yang menggunakan analisis korelasi product moment, koefisien determinan, uji t dan analisis regresi linear. Selanjutnya penelitian ini memiliki populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu berjumlah128 siswa dan sampel berjumlah 25 siswa.. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: terdapat pengaruh signifikan penguasaan konsep operasi hitung bilangan bulat terhadap hasil belajar faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu. Dimana rhitung sebesar 0.431 > rtabel sebesar 0,396. Sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 18,57% dan sisanya 81,43% ditentukan oleh faktor lain dalam analisis ini, serta untuk melihat kesignifikannya dilihat dengan menggunakan uji t di peroleh berarti thitung > ttabel, ttabel = 1,714 dan thitung = 2,290. Sedangkan untuk memprediksi kenaikan yang disebabkan oleh variabel X terhadap Y dilihat dari persamaan regresi linier yaitu Y = 21,576 + 0,830X. Persamaan regresi Y atas X tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X akan mengakibatkan 0,830 unit peningkatan Y. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan konsep operasi hitung bilangan bulat terhadap hasil belajar faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu.