Pengaruh penggunaan media pembelajaran visual aplikasi Cabri 3D terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok di SMP Negeri 2 Tambangan Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Amsiah, Amsiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6280/1/1620200094.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6280/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kesulitan siswa dalam memahami materi dan mengerjakan persoalan Matematika pada materi kubus dan balok yang menyebabkan hasil belajar Matematika siswa belum maksimal, hal ini dilihat dari ketercapaian hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM yaitu 72. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang Matematika adalah Penggunaan media pembelajaran visual yang masih jarang digunakan, sehingga perlu dilakukan perubahan pada pelaksanaan pembelajaran di kelas yaitu dengan menggunakan media pembelajaran visual dengan bantuan aplikasi Cabri 3D. Menggunakan aplikasi Cabri 3D dapat memudahkan siswa memahami materi dan mengerjakan persoalan Matematika yang diyakini dapat memaksimalkan hasil, belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual aplikasi Cabri 3D terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok di SMP Negeri 2 Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tambangan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 2 Tambangan yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 63 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII-1 berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) dengan jumlah soal 5 dengan materi kubus dan balok. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata dan uji hipotesis dengan uji-t. Adapun hasil penelitian setelah dilakukan uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen dan memilki perbedaan ratarata. Adapun rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 76,90 dan rata-rata pada kelas kontrol Hasil uji-t yang diperoleh yaitu t hitung = 3,130 > t tabel = 2,021, dengan signifikan 2-tailed = 0,003 < 0,05 sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran visual aplikasi Cabri 3D terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi pokok kubus dan balok di SMP Negeri 2 Tambangan Kabupaten Mandailing Natal.