Analisis proses keputusan pembelian konsumen dalam memilih Pasar Sangkumpal Bonang

Main Author: Lestari, Adek Z
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6271/1/1540200235.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6271/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah banyak konsumen memilih melakukan pembelian di Pasar Sangkumpal Bonang karena fasilitas dan keadaan pasar memenuhi kebutuhan dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian berlanjut di pasar tersebut. Akan tetapi masyarakat di Kelurahan Wek III memilih melakukan pembelian di luar Pasar Sangkumpal Bonang seperti Pasar Ucok Kodok dikarenakan harga barang tertentu yang lebih murah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan pembelian konsumen yang terdiri dari pengertian keputusan pembelian, tahapan-tahapan proses keputusan pembelian, atribut produk, faktor-faktor yang memengaruhi pembelian konsumen, peran dalam proses keputusan pembelian konsumen, struktur keputusan pembelian, faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen, jenis-jenis proses pembelian, jenis-jenis tingkah laku keputusan pembelian, dan teori lain tentang pengambilan keputusan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu mencari dan menyusun secara sistemastis data yang diperoleh dari hasil pengamatan lapangan menggunakan deskriptif interpretatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu pemeriksaan perpanjangan keikutsertaan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat dan auditing. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses keputusan pembelian konsumen dalam memilih Pasar Sangkumpal Bonang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor lokasi, harga dan kelengkapan produk. menggunakan tahapan-tahapan keputusan pembelian seperti pengenalan masalah proses pembelian melalui tahapan ini konsumen akan menyadari adanya masalah kebutuhan. Pencarian informasi yaitu konsumen akan mendapatkan informasi dari orang-orang terdekat yang pernah membeli di Pasar Sangkumpal Bonang. Evaluasi alternatif yaitu setelah konsumen menentukan kriteria atau atribut produk atau merek yang dievaluasi, selanjutnya konsumen akan menentukan alternatif pilihan. Keputusan pembelian, setelah konsumen mengevaluasi pembeliannya, konsumen akan memilih Pasar Sangkumpal Bonang sebagai pasar yang dipilih untuk melakukan pembelian. Perilaku pasca pembelian, masyarakat kota Padangsidimpuan begitu puas saat melakukan pembelian di Pasar Sangkumpal Bonang, karena harga dan kelengkapan produk yang ada di Pasar Sangkumpal Bonang sangat baik untuk melakukan pembelian selanjutnya.