Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi segitiga untuk siswa kelas VII MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Main Author: Tamela, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6266/1/1620200005.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6266/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurang pahaman siswa terhadap konsep-konsep segitiga. Hal ini disebabkan belum ada Lembar Kerja Siswa untuk tambahan sumber belajar, mereka hanya menggunakan buku paket sebagai sumber belajar sehingga siswa tidak mampu memahami konsep segitiga dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti akan mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual yang tujuannya dapat mempermudah siswa memahami konsep materi segitiga sehingga memperoleh hasil yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana validitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi segitiga untuk siswa kelas VII MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dan praktikalitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi segitiga untuk siswa kelas VII MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dan untuk mengetahui praktikalitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 7 tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, Uji coba awal, Revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) diberikan kepada 24 siswi MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual. 1) Kevalidan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual ditunjukkan dengan nilai 86% dari analisis 3 validator dengan kategori sangat valid. 2). Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual ditunjukkan dengan nilai 85% dari hasil angket respon siswa dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pada Materi Segitiga ini layak digunakan dalam pembelajaran.