Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 dengan kelas VIII-7 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan
Main Author: | Lubis, Maulina Iskandar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6198/1/1620200060.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6198/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa di kelas VIII-7 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019/2020 yang kurang aktif dalam pembelajaran, lebih banyak diam dan ketika diberi soal banyak yang tidak bisa menyelesaikannya. Sehingga hasil belajar mereka menjadi kurang memuaskan. Siswa kelas VIII-7 biasanya diajar dengan menggunakan metode ceramah. Pada kelas VIII-1 siswa di kelas tersebut sangat antusias dalam pembelajaran, banyak bertanya ketika tidak mengerti atau kurang paham sehingga suasana kelas hidup dan banyak terjadi interaksi. Sehingga hasil belajar mereka menjadi baik. Siswa kelas VIII-1 biasanya diajar dengan menggunakan metode diskusi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 dengan kelas VIII-7 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Dimana kelas VIII-1 diajar dengan menggunakan metode diskusi sedangkan kelas VIII-7 diajar dengan menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas VIII-1 yang diajar menggunakan metode diskusi dengan kelas VIII-7 yang diajar menggunakan ceramah di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 270 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan dokumen berupa hasil nilai ujian matematika semester I. Analisis data menggunakan uji t-test atau t-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 adalah 2.618 dengan mean 84,45 dalam kategori baik, sedangkan total hasil belajar matematika siswa kelas VIII-7 adalah 2.229 dengan mean 76,86 dalam kategori cukup. Adapun hasil perhitungan hipotesis didapatkan nilai thitung = 2,94 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian thitung>ttabel. Jadi dapat disimpulkan “Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 yang diajar menggunakan metode diskusi dengan kelas VIII-7 yang diajar menggunakan metode ceramah di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan”.