Analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan nasabah memilih tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT cabang Syariah Padangsidimpuan

Main Author: Piliang, Ade Sahreni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/617/1/1440100031.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/617/
Daftar Isi:
  • Nasabah tabungan haji pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan mengalami fluktuasi pada setiap periodenya. Berdasarkan hal tersebut PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan telah melakukan berbagai inovasi baik pada promosi, pelayanan serta lokasi yang sudah ditetapkan demi meningkatkan jumlah nasabahnya namun fakta berbicara bahwa nasabah tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan masih belum sesuai yang diharapkan oleh PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Rumusan dari penelitian ini apakah terdapat pengaruh promosi, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan nasabah dalam memillih tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan nasabah dalam memillih tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan yang berkaitan dengan pemasaran bank. Pendekatan yang dilakukan adalah teori tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan nasabah diantaranya promosi, pelayanan dan lokasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakanan alisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 95 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling incidental. Pengelolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (4,513 > 1,290). Tidak terdapat pengaruh pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan nilai thitung < ttabel (0,753 < 1,290) dan terdapat pengaruh lokasi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (7,294 > 1,290). Berdasarkan uji signifikansi (uji F) dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar (132,572 > 2,14). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel promosi, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji iB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan.