Hubungan pemberian penguatan dengan motivasi belajar pendidikan agama islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Deviana Af'idah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6167/1/06%20310%20970.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6167/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran pemberian penguatan di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, bagaimanakah gambaran motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, dan apakah ada hubungan yang signifikan pemberian penguatan dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemberian penguatan di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui hubungan pemberian penguatan dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 168 orang, sampelnya diambil 20% sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah proportional random sampling. Instrumen pengumpulan datanya adalah angket, dan wawancara. Setelah data terkumpul maka data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Kemudian setelah dilakukan pengujian hipotesis, hipotesis yang berbunyi ada hubungan yang signifikan pemberian penguatan dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan diterima. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa keadaan pemberian penguatan di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan berada pada kategori kuat yakni dengan persentase 71.35%. Keadaan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan berada pada kategori kuat yakni dengan persentase 68.41%. Ada hubungan pemberian penguatan dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dengan nilai korelasi product moment (rxy) sebesar 0.484. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi product moment diambil kesimpulan bahwa koefisien rxy sebesar 0.484 menunjukkan tingkat hubungan kedua variabel cukup kuat.