Pengaruh penguatan guru pendidikan agama islam terhadap konsep diri siswa MTsS Tanggabosi Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Ropiah, Ropiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6166/1/06%20310%20954.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6166/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap konsep diri siswa MTsS Tanggabosi Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS Tanggabosi Kabupaten Mandailing Natal selama kurang lebih 4 bulan. Berdasarkan analisis data, jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsS Tanggabosi Kabupaten Mandailing Natal yang aktif pada tahun ajaran 2009-2010, yaitu sebanyak 164 siswa, maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 25% dari jumlah populasi yang ada, yaitu siswa yang merupakan perwakilan seluruh siswa MTsS Tanggabosi Kabupaten Mandailing Natal. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 25% yang dilakukan secara acak dalam setiap kelas, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dengan teknik analisis korelasi yang dilanjutkan dengan perhitungan regresi sederhana. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penguatan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap konsep diri siswa MTsS Tanggabosi Kabupaten Mandailing Natal. Hasil penelitian ini menginformasikan, bahwa penguatan Guru Pendidikan Agama Islam adalah sangat baik, yaitu dengan tingkat pencapaian sebesar 83,26%, dan konsep diri siswa MTsS Tanggabosi Kabupaten Mandailing Natal juga tergolong sangat baik, hal ini ditandai dengan tingkat pencapaian sebesar 85, 42%. Sedangkan korelasi antara variabel penguatan Guru Pendidikan Agama Islam dengan konsep diri siswa MTsS Tanggabosi tergolong cukup kuat, dengan koefisien korelasi sebesar 0,465, artinya variabel penguatan Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel konsep diri siswa dan memberikan kontribusi sebesar 21,6% turut mempengaruhi konsep diri siswa, sementara sisanya, yaitu 78,4% ditentukan oleh variabel lain. Berdasarkan koefisien regresi linier, pengaruh variabel penguatan Guru Pendidikan Agama Islam dengan konsep diri siswa diperoleh dalam bentuk persamaan regresi: Ŷ= 43,198+0,48.X, menunjukkan bahwa nilai variabel konsep diri siswa bukan dari kehampaan melainkan sebesar 43,198, artinya nilai tersebut akan terus meningkat sebesar 0,48 dengan penguatan positif yang diberikan oleh Guru Pendidikan Agama Islam. Maka jika penguatan Guru Pendidikan Agama Islam diprediksikan meningkat satu point, maka variabel konsep diri menjadi 43,678.