Pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan

Main Author: Ningsih, Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6161/1/06%20310%20934.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6161/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja jenis teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, bagaimana pola pemanfaatan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, bagaimana kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dan Apa kendala-kendala yang dihadapi oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja jenis teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui pola pemanfaatan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan field research (riset lapangan) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa jenis-jenis teknologi pendidikan yang ada di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan ada 3 jenis. Pertama, dilihat dari karakteristiknya terdiri dari media grafis, media audio dan media proyeksi diam. Media grafis yang tersedia di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan adalah gambar/foto, poster, peta dan globe, papan buletin/majalah dinding, papan tulis dan bahan cetak. Media audio terdiri dari radio, tape recorder dan laboratorium bahasa. Kemudian media proyeksi diam adalah overhead projector (OHP). Kedua, dilihat dari daya liputnya terdiri dari televisi dan CD film. Ketiga, dilihat dari bahan serta cara pembuatannya ada yang sederhana dan kompleks. Teknologi pendidikan yang sederhana telah diungkapkan terdahulu, selain itu ada teknologi pendidikan berupa model atau benda nyata seperti boneka dan beberapa mesin, diantaranya adalah mesin accounting, mesin hitung manual, mesin cash register dan mesin penghancur kertas. Teknologi pendidikan yang kompleks terdiri dari komputer PC 110 unit, komputer laptop 30 unit, komputer server 1 unit, infocus 2 unit dan LCD 5 unit. Pola pemanfaatan teknologi pendidikan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan sudah baik karena telah memanfaatkan teknologi pendidikan di dalam situasi kelas dan di luar situasi kelas. Kemampuan guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan dapat dapat dikatakan cukup baik. Kendala pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dapat dikategorikan kepada 2 (dua) hal, yaitu kendala internal dan kendala eksternal.