Pemberdayaan sistem manajemen pendidikan di SD Negeri Sitada-Tada Kecamatan Angkola Timur kabupaten tapanuli selatan

Main Author: Dewi, Marini Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6160/1/05%20310%20905.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6160/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul : “Pemberdayaan Sistem Manajemen Pendidikan di SD Negeri Sitada-tada Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan”. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan sistem manajemen pendidikan di SD Negeri Sitada-tada Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan? Apa peluang dalam pemberdayaan sistem manajemen pendidikan SD Negeri Sitada-tada? dan bagaimana hambatan yang ditemukan serta cara mengatasi masalah yang ada di SD Negeri Sitada-tada Kecamatan Angkola Timur? Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primernya adalah kepala sekolah, para guru SD Negeri Sitada-tada, sedangkan sumber data skunder adalah siswa, masyarakat dan personil yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Alat pengumpul datanya adalah wawancara langsung dengan sumber data, kemudian observasi atau pengamatan langsung ke lapangan. Kendala yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan pemberdayaan sistem manajemen pendidikan seperti keterbatasan kepada sekolah, guru yang kurang disiplin, ketidaksiapan siswa, serta kurangnya motivasi dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan masyarakat. Peluang yang ditemukan dalam pemberdayaan sistem manajemen pendidikan adalah kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis, ikhlas, sabar, optimis serta pemimpin yang memiliki intelektual dan kompetensi sehingga kualitas memimpin benar bisa dicapai minimal sesuai standar kepemimpinan kepala sekolah yang telah ditetapkan. Kepala sekolahnya tahun 2002-2007 dekat dengan masyarakat akan tetapi sekarang tidak lagi. Artinya, kedekatan kepala sekolah dengan masyarakat sangat berpengaruh. Disarankan kepada kepala sekolah dan guru SD Negeri Sitada-tada supaya lebih memperhatikan kode etik, sehingga pestasi SD Negeri Sitada-tada dapat ditingkatkan khususnya pada pertumbuhan jasmani dan rohani siswa/i.