Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis al-qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan

Main Author: Fahmi, Sul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6140/1/04%20310%20723.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6140/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan, bagaimana kemampuan menulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis alQur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan. Berdasarkan masalah yang diangkat, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan, untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan field research (riset lapangan) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang dilaksanakan, maka peneliti berkesimpulan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan tergolong baik. Kesimpulan ini didasarkan dari persentasi hasil tes kemampuan tajwid siswa mencapai 75%, kemampuan makhārijul hurūf siswa mencapai 78.26%, kemampuan faşāhah siswa mencapai 92.39% dan kemampuan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa berdasarkan kaidah-kaidah imlā’iyyah mencapai 82%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan ada dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup tingginya minat dan motivasi siswa dalam belajar serta materi baca tulis al-Qur’an mudah dipahami siswa. Faktor eksternal mencakup kompetensi dan keterampilan mengajar guru baca tulis al-Qur’an, bahan/materi pelajaran baca tulis al-Qur’an tersusun secara runtun, logis dan sistematis serta media pembelajaran baca tulis al-Qur’an memadai di SMAN 8 Padangsidimpuan.