Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif dan self efficacy siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping

Main Author: Mulyana, Endah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6135/1/1620200006.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6135/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di madrasah membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran dengan metode yang tidak bervariasi yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehingga peserta didik susah memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga kemampuan self efficacy (rasa percaya diri) peserta didik rendah. Rumusan masalahnya yaitu: apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik dengan kemampuan kognitif dan self efficacy siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik dengan kemampuan kognitif dan self efficacy siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs IB Silaping yang berjumlah 91 orang, untuk sampelnya yaitu kelas VIII1-a (kelas kontrol) dan VIII3-a (kelas eksperimen) masing-masing terdiri atas 15 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik non probability sampling. Sampel kelas eskperimen diberikan perlakuan dengan pendekatan saintifik dan kelas kontrol dengan pendekatan teacher center. Instrumen yang digunakan yaitu test dan angket Teknik pengolahan data dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS v. 22 dan rumus Uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis kemampuan kognitif dan self efficacy dengan menggunakan SPSS v. 22 dan uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,031 < 0,05) dan thitung > ttabel (6,581 > 2,145) dan kemampuan self efficacy diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,012 < 0,05) dan thitung > ttabel (7,994 > 2,048), maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif dan self efficacy pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping.