Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII MTs NU Malintang Jae
Main Author: | Tihajar, Tihajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/611/1/13%20330%200117.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/611/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika, kurangnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami, kurangnya keinginan siswa dalam belajar matematika sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan bilangan pecahan, yang disebabkan kurangnya perhatian guru terhadap pemahaman konsep dan kurang efektif, sehingga siswa beranggapan matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah menggunakan metode diskusi kelompok sebagai metode dalam proses pembelajaran yang dapat membantu proses belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII MTs NU Malintang Jae. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdistribusi normal, yaitu untuk pretest hitung =6,14 dan untuk posttest hitung = 2,16 dan tabel = 7,815 dan karena hitung < tabel maka data berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh yaitu thitung = 11,714 > ttabel = 2,064, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII MTs NU Malintang Jae.