Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie pada Lingkungan IV Sitataring Kelurahan Batang Ayumi Julu

Main Author: Siregar, Lili Angraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6108/1/1540200011.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6108/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya masyarakat membutuhkan suatu produk yang dapat disajikan dengan praktis dan instan sehingga mudah untuk dikonsumsi, dan Perusahaan yang bergerak dalam industri ini juga bukan sedikit sehingga berpengaruh pula terhadap produk atau jasa apa yang akan dibeli. Banyak faktor yang memengaruhi keputusan pembelian untuk membeli mie instan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga dan kualitas produk baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden dari seluruh masyarakat Lingkungan IV Sitataring Batang Ayumi Julu 894, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling, sumber data yaitu data primer, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), uji analisis regresi linier berganda uji koefisien determinasi (R Square), uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan yaitu SPSS versi 22, Berdasarkan hasil penelitian pada variabel Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung ttabel (0,061˂ 1,662), maka Ha1 ditolak dan pada variabel Kualitas berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung> ttabel (18.389 > 1,662), maka Ha2 diterima. Kemudian variabel harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel (250.868 > 3,10), maka Ha3 diterima.