Pengaruh model pembelajaran tipe Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di SMP N 1 Malintang Kabupaten Mandailng Natal

Main Author: Wahidah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6092/1/1520200043.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6092/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika di kelas terutama dalam mengkomunikasikan ide-ide matematika seperti representase, mendengar, membaca, diskusi, dan menulis. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran. Sehingga sebagian siswa kurang tertarik dan banyak siswa yang memilih diam dalam proses pembelajaran berlangsung. Akibatnya kemampuan komunikasi matematika siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di SMP N 1 Malintang Kec.Bukit Malintang Kab.Mandailng Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII pada materi segitiga di SMP N 1 Malintang Kec.Bukit Malintang Kab.Mandailng Natal . Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukit Malintang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay yang berjumlah 4 soal materi segitiga. Data yang terdapat di analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 73,15 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 66,65. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 8,001 > ttabel = 2,021 , sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan segitiga untuk siswa kelas VII SMP N 1 Malintang Kabupaten Mandailing Natal.