Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Open – Ended terhadap hasil belajar matematika siswa materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII – 4 SMP N 1 Padangsidimpuan
Main Author: | Pratama, Yogi Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6091/1/1520200041.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6091/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang kreatif. Untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dilakukan tindakan berupa penerapan pendekatan pembelajaran open – ended yang diasumsikan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran open – ended terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan pendekatan pembelajaran open – ended terhadap hasil belajar matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran open – ended terhadap hasil belajar matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) dengan rancangan penelitian adalah one group pretest – posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang terdiri dari 34 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel = 6,365 > 1,992 maka terdapat perbedaan nilai rata – rata setelah diberikan perlakuan.