Pengaruh relationship quality (kualitas hubungan) terhadap loyalitas nasabah Tabungan Muamalat iB Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan
Main Author: | Hasibuan, Ade Ulan Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/600/1/12%20220%200046.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/600/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah tabungan Muamalat iB pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan dan terjadi penurunan untuk jumlah nasabah aktifnya sedangkan nasabah pasifnya mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena persaingan antar bank yang semakin meningkat sehingga masih perlu untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan nasabah agar terwujudnya loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah relationship quality (kualitas hubungan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Muamalat iB pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang loyalitas nasabah, relationship quality (kualitas hubungan), kepercayaan, kepuasan, persepsi, komunikasi, ikatan sosial atau persahabatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 95 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,245 > 1,662), kepuasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,157 > 1,662), persepsi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung < ttabel (1,086 < 1,662), komunikasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,131 > 1,662) dan ikatan sosial atau persahabatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,228 > 1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kepercayaan, kepuasan, persepsi, komunikasi dan ikatan sosial atau persahabatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan Fhitung > Ftabel (59,442 > 1,91). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 75,7% variabel kepercayaan, kepuasan, persepsi, komunikasi dan ikatan sosial atau persahabatan mampu mempengaruhi loyalitas nasabah dan 24,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.