Penerapan produk pembiayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan
Main Author: | Lubis, Lailan Nuriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/60/1/12%20220%200024.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/60/ |
Daftar Isi:
- Salah satu misi dari Bank Syariah Mandiri adalah “ mengutamakan penghimpunan dana murah dan penyaluran pembiayaan pada segmen UMKM ”. Nasabah pada dasarnya memiliki tingkat ekonomi menengah kebawah, tingkatan perekonomian yang masih berpotensi membutuhkan dana. Bagi Bank Syariah Mandiri potensi yang demikian adalah suatu target pasar bagi produk pembiayaan warung mikro secara syariah, dimana masyarakat yang membutuhkan dana cepat tentunya melalui pembiayaan warung mikro yang ada di Bank Syariah Mandiri. Rumusan masalah Penelitian ini adalah bagaimana konsep dan aplikasi dari produk pembiayaan usaha mikro kecil menengah yang ada di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan ? Dan strategi apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan produk pembiayaan usaha mikro kecil menengah di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan produk pembiayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sehubungan dengan itu pendekatan yang dimuat adalah teori-teori yang berkaitan dengan aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan demikian peneliti menemukan hasil penelitian bahwasanya aplikasi akad jual beli murabahah pada produk pembiayaan usaha mikro kecil menengah dilakukan sebelum barang secara prinsip menjadi milik bank. Sedangkan strategi dalam meningkatkan produk pembiayaan usaha mikro kecil menengah(UMKM) di bank syariah mandiri adalah melakukan promosi, menjalin hubungan baik dengan masyarakat, memberikan pelayanan yang baik, memberikan biaya yang relatif sedikit kepada nasabah ketika mengajukan pembiayaan.