Pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi Fikih di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Dewi Sartika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5991/1/06%20311%20056.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5991/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul Pelaksanaan Metode Demonstrasi Dalam Bidang Studi Fikih Di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan pada Tahun Ajaran 2010 / 2011. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi fikih di MTs Negeri 2 padangsidimpuan,bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi fikih di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan,dan bagaimana hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi fikih di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan pokok Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi fikih di MTs Negeri 2 padangsidimpuan,untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi fikih di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi fikih di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengadakan wawancara langsung dengan responden penelitian serta observasi. Hasil dari penelitian di atas dapat diperoleh, pelaksanaan metode demonstrasi dalam bidang studi fikih di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara penulis dengan responden penelitian serta observasi langsung kelapangan. Bahwa guru bidang studi fikih di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan menerapkan metode demonstrasi dalam menyampaikan bidang studi tersebut dengan catatan harus disesuaikan antara metode dan materi agar saling berkesinambungan. Selain dari itu, kekurangan sarana dan prasarana dapat menghambat kelancaran proses belajar mengajar. Di samping itu juga keterbatasan waktu dalam penyampaian materi pelajaran. Dan banyaknya siswa memanfaatkan waktu kegiatan belajar tersebut ( metode demonstrasi) sebagai rekreasi. Metode demonstrasi harus dilaksanakan sepenuhnya oleh guru. Artinya semakin baik metode demonstrasi dilaksanakan maka semakin baik aktivitas dalam proses belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar mengajar.