Pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina
Main Author: | Lubis, Khoiriah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5971/1/06%20311%20104.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5971/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode diskusi siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan bagaimana motivasi belajar siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, untuk mengetahui motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina, dan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan menggunakan metode ex post facto, populasinya adalah seluruh siswa siswi kelas I, II, dan III MAN Panyabungan Kabupaten Madina. Tahun pelajaran 2009/2010 akan tetapi dikarenakan kelas III menghadapi ujian. Maka populasi ditetapkan pada kelas 1 dan II saja yang berjumlah 595 orang sampel yang ditetapkan sebesar 15% dari sejumlah populasi sebanyak 87 orang. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Kemudian pengolahan atau analisa data yang digunakan adalah rumus korelasi product moment dan dikuatkan dengan rumus persamaan regresi linier. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa metode diskusi yang dilaksanakan siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina tergolong baik yaitu diperoleh skor rata-rata sebesar 69,41%. Sedangkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina tergolong baik diperoleh skor rata-rata sebesar 73,85% dari perhitungan di atas dapat diketahui bahwa koefisien korelasi antara metode diskusi dengan motivasi belajar sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina adalah 0, 493. Hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan metode diskusi terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina” diterima. Karena Fhitung (rxy = 27,3120) > dari Ftabel 3,00 untuk interval kepercayaan 5% dan 7,04 untuk interval kepercayaan 1%. Maka Fhitung > Ftabel. Untuk menyatakan besar kecilnya sumbangan variabel X terhadap variabel Y digunakan rumus koefisien adalah KP = r2 x 100% = 0, 4932 x 100% = 24,30% sisanya 75,7%ditentukan oleh variabel lain.