Korelasi pelaksanaan musyawarah guru mata pelajaran dengan pemahaman guru pendidikan agama Islam mengenai kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMP Negeri se Kecamatan Padangsidimpuan Selatan
Main Author: | Simamora, Baginda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5951/1/03%20310%20006.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5951/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apakah ada hubungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dengan pemahaman guru Pendidikan Agama Islam mengenai Kurikulum Tingkat Satauan Pendidikan di SMP Negeri se Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan pelaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, tingkat pemahaman guru Pendidikan Agama Islam mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri se Kecamatan Padangsidimpuan selatan, dan hubungan yang signifikan antara Musyawarah Guru Mata Pelajaran dengan pemahaman guru Pendidikan Agama Islam mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri se Kecamatan Padangsidimpuan selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dalam bentuk korelasional. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan digunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri atas angket, interviu, observasi dan studi dokumen. Analisa data dilaksanakan secara statistik dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Pengambilan kesimpulan dilaksanakan dengan menggunakan metode berfikir deduktif dan induktif. Sebagai hasil temuan penelitian ini diperoleh kesimpulan terdapat hubungan yang cukup signifikan antara Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan pemahaman guru Pendidikan Agama Islam mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri se Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, yaitu ditemukan angka korelasi sebesar 0,699 (cukup signifikan).