Upaya guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Mastika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5890/1/06%20311%20109.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5890/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan” adapun masalah yang diteliti dalam pembahasan skripsi ini adalah sesuai dengan rumusan masalah, yaitu: bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, serta bagaimana upaya guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, serta upaya guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisis dengan logika ilmiah, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan sudah dapat dikategorikan berhasil yang optimun dengan menggunakan waktu pembelajaran yang efesien dan sesuai dengan kebutuhan serta dapat mencapai tujuan pembelajaran sebab, efektivitas dalam pembelajaran berkaitan dengan terlaksananya tugas pokok, seperti tercapainya media, sarana dan prasarana, semua itu sudah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang menjadi kendala-kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan seperti kurangnya jam pelajaran yang di sediakan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya 2 jam perminggunya, kurangnya sarana dan prasarana seperti mushallah yang terlalu kecil, minimnya buku-buku Pendidikan Agama Islam atau buku yang relevan di perpustakaan, adanya siswa yang ribut di kelas, siswa yang di panggil oleh guru lain ketika jam pelajaran berlangsung, adapaun upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan seperti menggunakan variasi metode pembelajaran, menguasai bahan, pelajaran, membangkitkan motivasi belajar, menggunakan alat peraga serta melakukan evaluasi.