Motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Angkola Timur Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Harahap, Arpan Sahbih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5866/1/1520100083.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5866/
Daftar Isi:
  • Pendidikan agama Islam merupakan salah satu pelajaran yang memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman kepada siswa, dan juga membentuk karakter serta keluhuran budi siswa dalam rangka menempuh hidup yang bahagia di dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa hal yang harus dipenuhi salah satunya adalah motivasi belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Angkola Timur. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah, 1) bagaimana gambaran motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Angkola Timur?, dan 2) apa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK Negeri 1 Angkola Timur?. Dengan tujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK Negeri 1 Angkola Timur dan faktor penyebab rendanya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam kelas XI di SMK Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data, melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam adalah; a) siswa memiliki hasrat dan keinginan berhasil, b) siswa memiliki dorongan dan kebutuhan dalam belajar, c) siswa memiliki harapan atau cita-cita masa depan, d) siswa memiliki penghargaan dalam belajar, e) siswa memiliki kegiatan yang menarik dalam belajar, dan f) siswa memiliki lingkungan belajar yang kondusif ketika belajar. Adapun faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, adalah; faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari; 1) pola makan siswa, dan 2) psikologis siswa. Sedangkan faktor eksternal ini terdiri dari; 1) hubungan siswa dengan guru, dan 2) keadaan atau kondisi ruangan belajar yang kondusif, serta keadaan dan kondisi siswa ketika proses pembelajaran.