Pola pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara
Main Author: | Hasibuan, Mustika Hanum |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5799/1/06%20311%20111.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5799/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pola Pembinaan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara” adapun masalah yang diteliti dalam skripsi adalah sesuai dengan rumusan masalah, yaitu Bagaimana pola pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara? Apakah faktor-faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara? Apakah tantangan dalam membina akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara? Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk: Mengetahui pola pembinaan ahlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, mengetahui faktor-faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara serta mengetahui tantangan dalam membina akhlak siswa Madarasah Ibtidayah Negeri 2 Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pola pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan Tenggara sudah bagus, ini dapat dilihat dari akhlak para siswa/ siswi yang islami. Adapun faktor yang mendukung keberhasilan dalam membina akhlak siswa tersebut adalah: Faktor guru yang bisa dijadikan contoh tauladan bagi siswa (uswah, sabar, optimis, cerdas intelektual dan spiritual). Faktor siswa yakni siswa yang berada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan Tenggara memiliki jiwa dan perilaku yang baik, sementara dari pihak Madrasah sangat mendukung pembinaan-pembinaan yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Adapun tantangan dalam membina akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan Tenggara adalah kurangnya Motivasi orangtua, kurangnya kerja sama orangtua dengan pihak Madrasah, media massa, televisi, internet.