Kerjasama orangtua dan guru dalam pembinaan akhalak siswa di SD IT Bunayya Padangsidimpuan
Main Author: | Batubara, Nur Kholijah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5749/1/07%20310%200094.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5749/ |
Daftar Isi:
- Sebagian orangtua kurang peduli akan kerjasama yang dilakukan oleh pihak sekolah, dalam mencapai tujuan belajar mengajar terutama dalam pembinaan akhlak siswa, disebabkan orangtua sibuk bekerja keras siang dan malam untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dan waktunya dihabiskan diluar rumah, jauh dari keluarga sehingga orangtua tidak sempat mengawasi perkembangan anak-anak, bahkan tidak punya waktu untuk memberikan bimbingan, sehingga pendidikan akhlak anak terabaikan. Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan yang menjadi rumusan masalah tersebut berupa, bentuk-bentuk pembinaan akhlak yang dilakukan orangtua dan guru, cara kerjasama orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa, program kerjasama orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan akhlak yang dilakukan orangtua dan guru, cara kerjasama orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa dan program kerjasama orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskripsi yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya, dan hasilnya diuraikan berupa kata-kata tertulis. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini berasal dari guruguru kelas dan orangtua siswa, sumber data sekunder diperoleh dari kepala sekolah, pegawai administrasi dan siswa. Setelah penelitian ini dilakukan bahwa kerjasama orangtua dan guru di SD IT Bunayya Padangsidimpuan adalah dikategorikan baik, adapun kerjasama orangtua dan guru yang dilakukan dapat dilihat dari adanya kunjungan ke rumah siswa, diundangnya orangtua ke sekolah, adanya buku penghubung antara orangtua dan guru dan adanya daftar nilai dan rapot. Namun dalam hal program kerjasama orangtua dan guru dalam Pembinaan akhlak siswa masih belum maksimal dan waktunya belum terorganisir, disebabkan karena kesibukan orangtua siswa itu sendiri.