Upaya guru dalam peningkatan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5748/1/07%20310%200093.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5748/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara, apa upaya guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara dan apa kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara, untuk mengetahui apa upaya guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan baca tulis alQur’an. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kualitatif deskritip. Yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penelitian yang ditempuh dengan mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah dan guru-guru Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, dilaksanakan riset di lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dekumentasi Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara dengan cara mengajarkan siswa melafalkan huruf hijaiyah, tanda baca syakal mad, tanwin dan tajwid dengan menggunakan metode iqra, al-huda dan demontrasi. Upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara adalah mengajarkan cara melafalkan huruf hijaiyah, tanda baca syakal mad, tanwin dan tajwid dan cara melagukan al-Qur’an. Selanjutnya mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan, menerapkan metode mengajar yang bervariasi, memberikan pelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, menyuruh siswa membaca ayat al-Qur’an secara bergiliran, mengevaluasi siswa, memperbanyak latihan menulis aksara Arab, mengajarkan tata cara menulis khat al-Qur’an dan menumbuhkan kompetisi di kalangan siswa. Kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara adalah kurangnya kemampuan dasar siswa dalam membaca, menulis al-Qur’an, minimnya waktu belajar, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, serta kurangnya fasilitas.