Upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak di MTs N 2 Padangsidimpuan

Main Author: Lisnawati, Lisnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5719/1/13%20310%200221.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5719/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah masalah yang dihadapi guru untuk meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak yaitu persoalan pembelajaran ialah manajemen kelas yang kurang dikuasai oleh guru. Di akibatkan kurangnya memenuhi faktor manajemen kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pembelajaran aqidah akhlak, apa yang menjadi penyebab rendahnya pembelajaran aqidah akhlak dan bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pembelajaran aqidah akhlak, untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab rendahnya pembelajaran aqidah akhlak, untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan Islam. Dengan itu pendekatan yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengertian guru PAI, Teori-teori belajar menurut para ahli, proses pembelajaran aqidah akhlak, faktor-faktor penyebab pembelajaran PAI rendah, upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak, macam-macam pembagian akhlak. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara deskriftif dengan menggunakan filed research di lapangan dan teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Sumber data adalah primer dan sekunder, analisis data yang dengan menggunakan langkah editing data, reduksi data, penyajian data dan Triangulasi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa gambaran pembelajaran aqidah akhlak sudah dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran berlangsung di ruang kelas yaitu dengan membuka pelajaran, kegiatan inti dan penutup. Serta penyebab rendahnya pembelajaran aqidah akhlak yaitu dari segi pengelolaan kelas, keterbatasan sumber materi pembelajaran, kelemahan menggunakan metode, dan evaluasi tidak mencapai dalam pembelajaran aqidah akhlak. Adapun upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak adalah menciptakan kondisi belajar yang optimal, menggunakan metode menciptakan belajar aktif, dan memberikan hukuman berupa remedial.