Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement division) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan garis singgung lingkaran kelas viii di SMP N 2 Padangsidimpuan

Main Author: Sari, Hutri Purnama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5692/1/12%20330%200106.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5692/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika yang bersumber dari salah satunya yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah, sehingga membuat sebagian siswa kurang suka dan tidak termotivasi dalam belajar matematika. Hal inilah yang membuat rendahnya hasil belajar siswa. Sejalan dengan itu rendahnya hasil belajar matematika diakibatkan siswa yang kurang semangat dalam belajar, ini terlihat pada saat guru memberikan tugas dalam pembelajaran banyak siswa yang kurang semangat untuk mengerjakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan garis singgung lingkaran kelas VIII di SMP N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen dengan desain classing untreated control group design with pre test and post test. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 337 siswa yang terdiri dari 12 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas, yaitu siswa kelas VIII-10 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan siswa kelas VIII-12 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan pre angket dan post angket dan tes dengan menggunakan pre test (sebelum diberikan perlakuan) dan post test (setelah diberikan perlakuan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh pada hipotesis pertama thitung>ttabel (5,106>1,669) dan pada hipotesis kedua thitung>ttabel (2,651>1,693). Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan garis singgung lingkaran kelas VIII di SMP N 2 Padangsidimpuan”.