Manajemen pembelajaran Agama Islam pada Ma’had Al-Husniyah At-tarbiyah Ad-Diniyah Al-Islamiyah di Patani Thailand Selatan
Main Author: | Hama, Miss Fadilah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5676/1/14%20201%2000095.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5676/ |
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini, yang melatarbelakangi dengan manajemen pembelajaran di sekolah di Thailand, Manajemen pembelajaran merupakan salah satu fungsi atau peranan kepala sekolah, terutama guru dalam menyampaikan tujuan pendidikan agama Islam. Untuk itu, pendidikan yang ada di Thailand khususnya di Wilayah Patani Selatan Thailand yang terbagi pada dua sistem pendidikan, yaitu pendidikan pondak pesantren dan madrasah atau sekolah umum. Dengan demikian, sistem manajemen pendidikan di sekolah tersebut harus dapat menyeimbangkan pelaksanaan kedua pendidikan tersebut. Kondisi demikian menjadi hambatan, karena tidak lazimnya dua jenis pendidikan dalam satu lembaga. Kepala sekolah perlu satu bentuk trik atau cara yang akurat dalam menjalankan lembaga pendidikan ini. Manajemen pembelajaran sangat penting dalam suatu lembaga dalam mengembangkan pendidikan agama Islam, yaitu dengan pemahaman yang akurat dalam peranan manajemen di dunia pendidikan tergantung dilaksanakan sebagai titik tolak berfikir karena manajemen merupakan suatu mekanisme kerja. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksaan manajemen pembelajaran, bagaimanagambaran perencanaan pembelajaran, bagaimana pengelolaan pembelajaran, bagaimana pengawasan pembelajaran, dan bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaranpada sekolah Ma’had Al-husniyah Attarbiyah Ad-Diniyah Al-Islamiyah Di Patani Selatan Thailand. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi kualitatif. Dalam mengumpulkan informasi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu observasi langsung, wawancara yang mendalam dan studi dokumentasi terkait dengan apa yang diteliti. Hasil penelitian ini, manajemen pembelajaran di sekolah Ma’had Alhusniyah At-tarbiyah Ad-Diniyah Al-Islamiyah telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dan guru-gurusudah baik, baik dalam melakukan persiapan perencanaan pembelajaran, sekaligus mengelola dan mengawasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan dalam evaluasi menggunakan teknik-teknik yang dapat mengembangkan tingkah laku yang lebih bagus dalam pembelajaran.