Hubungan penguasaan konsep bilangan serta operasinya dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan
Main Author: | Tanjung, Aslamiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5663/1/07%20330%200088.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5663/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara penguasaan konsep bilangan serta operasinya dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep bilangan serta operasinya dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat korelasi karena penelitian ini akan melihat dan mengamati hubungan kedua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan berjumlah 75 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Selanjutnya untuk menentukan jumlah sampel, peneliti mengambil seluruh jumlah populasi yang ada menjadi sampel penelitian ini yaitu sebanyak 75 orang siswa. Instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh = 0,573 > 0,227, dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh peneliti disetujui, artinya terdapat hubungan antara penguasaan konsep bilangan serta operasinya dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan.