Meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran quantum teaching pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Barat

Main Author: Waridah, Waridah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5652/1/07%20330%200081.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5652/
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan guru masih monoton sehingga siswa mudah bosan. Model pembelajaran yang digunakan guru belum tepat yang mengakibatkan siswa belum efektif dalam proses pembelajaran. Sehingga kreativitas belajar matematika siswa masih rendah dan nilai hasil beljar yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Barat. Dalam penelitian ini yang menjadi setting penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Panyabungan Barat dan subjek penelitian adalah kelas VIII C yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah observasi siswa yang dilakukan dan didukung oleh tes hasil belajar siswa. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan didukung oleh tes hasil belajar. Di dalam analisis data observasi ada dua data pokok yaitu data proses dan data hasil. teknik analisis yang digunakan adalah teknik komparasi (membandingkan) yaitu membandingkan kondisi antara siklus pertama dengan siklus kedua. Dari hasil penelitian bahwa pada siklus I pertemuan pertama kreativitas belajar matematika siswa masih rendah dan data tersebut dapat dilihat pada lampiran, kemudian meningkat pada pertemuan kedua yaitu setiap indikator-indikator dari kreativitas belajar matematika siswa meningkat dan data peningkatan kreativitas belajar matematika tersebut dapat dilihat pada lampiran. Karena indikator-indikator peningkatan kreativitas belajar matematika siswa belum memenuhi dari aspek yang diamati maka dilakukan siklus ke-II, yaitu pada pertemuan pertama indikator-indikator kreativitas siswa meningkat dari siklus sebelumnya dan data peningkatan kreativitas belajar matematika siswa tersebut dapat dilihat pada lampiran. Dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua,indikator-indikator kreativitas siswa meningkat dan sudah memenuhi bahkan sudah melebihi dari aspek yang diamati. Data peningkatan kreativitas belajar matematika siswa tersebut dapat dilihat pada lampiran. Dan peningkatan kreativitas belajar matematika siswa didukung oleh peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam setiap siklus. Maka dapat disimpulakam bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Barat.