Keterampilan guru bidang studi fiqih dalam mengelola kelas di MTsN Simpanggambir Kecamatan Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Lubis, Suci Rahmasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5637/1/13%20310%200159.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5637/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masalah mengelola kelas yang merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pengajaran secara efisien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keterampilan guru bidang studi Fiqih dalam mengelola kelas di MTsN Simpanggambir. 2) Apa masalah yang dihadapi guru bidang studi Fiqih dalam mengelola kelas di MTsN Simpanggambir. 3) Bagaimana upaya guru bidang studi Fiqih mengatasi masalah yang terjadi dalam mengelola kelas di MTsN Simpanggambir. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui keterampilan guru bidang studi Fiqih dalam mengelola kelas di MTsN Simpanggambir. 2) Untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru bidang studi Fiqih dalam mengelola kelas di MTsN Simpanggambir. 3) Untuk mengetahui upaya guru bidang studi Fiqih mengatasi masalah yang terjadi dalam mengelola kelas di MTsN Simpanggambir. Kajian teori dalam pembahasan adalah penjelasan tentang mengelola kelas, tujuan dan fungsi mengelola kelas, komponen-komponen keterampilan mengelola kelas, prinsip penggunaan mengelola kelas, masalah mengelola kelas, melakukan tindakan preventif, pendekatan-pendekatan mengelola kelas, dan bidang studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa Keterampilan Guru Bidang Studi Fiqih dalam Mengelola Kelas di MTsN Simpanggambir kurang efektif dilihat dari ketidak sanggupan guru Fiqih dalam mengelola kelas dengan baik, seperti keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dengan bersikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok dan keterampilan yang berhubungan dengan prinsip penggunaan mengelola kelas hanya menggunakan prinsip kehangatan dan keantusiasan, tantangan, bervariasi, dan penekanan positif dan keterampilan yang berhubungan dengan tindakan preventif yaitu mengatur ruangan, mengatur tempat duduk, mengatur ventilasi atau jendela dan penyimpanan barang. Masalah dalam mengelola kelas adalah masih ada siswa yang ribut, bertingkah laku aneh, terlambat masuk, keluar masuk ruangan ketika proses belajar mengajar, siswa yang berkata kotor kepada temannya, suka mengganggu temannya yang sedang belajar. Upaya guru mengatasi masalah dalam mengelola kelas yaitu dengan mengembalikan kondisi belajar tetap optimal, dan menggunakan pendekatan-pendekatan mengelola kelas dan guru Fiqih hanya menggunakan acuan pendekatan mengelola kelas yaitu: pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, dan pendekatan perubahan tingkah laku.