Pengaruh keteladanan guru dan relasi gender terhadap akhlak siswa di MTsS Al Ansor Desa Manunggang Julu Padangsidimpuan
Main Author: | Ritonga, Nursakinah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5636/1/13%20310%200195.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5636/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah masih dijumpai siswa yang menunjukkan perilaku sebagai berikut: tidak mengikuti shalat berjamaah, membuang sampah sembarangan, siswa yang keluar dari pesantren tanpa izin dari pihak keamanan, memakai baju kaos ketat dan baju lengan pendek, contact lain jenis (making love). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru dan relasi gender terhadap akhlak siswa di MTsS Al Ansor Desa Manunggang Julu Padangsidimpuan. Teori yang digunakan pada variabel keteladanan guru adalah teori belajar sosialnya. Teori ini menjelaskan bahwa lingkungan (lingkungan pekerjaan, bermain dan sebagainya) berpengaruh terhadap prilaku seseorang. Teori yang digunakan pada variabel relasi gender ialah teori sosio-biologis. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini bersifat ex post facto. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Adapun responden dalam penelitian ini adalah siswa MTsS Al Ansor. Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa; 1) terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak siswa di MTsS Al Ansor Desa Manungang Julu Padangsidimpuan”. Hasil perhitungan koefisien korelasi pearson 0,327. Hasil perhitungan regresi sederhana adalah F0 (9,609) > Ft (3,96), maka H0 ditolak atau Ha diterima. 2) terdapat pengaruh relasi gender terhadap akhlak siswa di MTsS Al Ansor Desa Manunggang Julu Padangsidimpuan”. Hasil koefisien korelasi pearson 0,415. Hasil perhitungan regresi sederhana adalah F0 (16,627) > Ft (3,96), maka H0 ditolak atau Ha diterima. 3) terdapat pengaruh keteladanan guru dan relasi gender secara bersama-sama terhadap akhlak siswa di MTsS Al Ansor Desa Manunggang Julu Padangsidimpuan”. Hasil perhitungan regresi ganda adalah F0 (12,043) > Ft (3,11), maka H0 ditolak atau Ha diterima. Dengan persamaan garis linear ialah; 15, 361 + b1 (0,617) + b2 (0,389).