Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan trigonometri siswa kelas X5 Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan T.A. 2010-2011
Main Author: | Rambe, Nursiaimatul Kiftiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5628/1/07%20330%200106.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5628/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan Trigonometri siswa kelas X5 MAN 1 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X dengan jumlah 240 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster sample atau sampel kelompok. Dan menentukan cluster sample digunakan random sampling. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas X5 dengan jumlah siswa 40 orang (kelas eksprimen) dan X4 dengan jumlah siswa 39 orang (kelas kontrol). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen dengan desain classical eksprimen. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes yaitu pre test (sebelum diberi perlakuan) dan post test (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan ujit. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Jadi Ha diterima yaitu rata-rata hasil belajar pada pokok bahasan trigonometri yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan model xv pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Sehingga disimpulkan, ada pengaruh positif yang signifikan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan trigonometri siswa kelas X5 MAN 1 Padangsidimpuan.