Pengaruh media gambar terhadap hasil belajar pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri Tolang Jae

Main Author: Sikumbang, Evi Yanna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5602/1/07%20330%200051.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5602/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa di SD Negeri Tolang Jae pada saat ini jauh dari yang diharapkan. Sehingga timbul permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh media gambar terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri Tolang Jae. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media gambar terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri Tolang Jae. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen dengan desain matching pretest control group design. Sampel penelitian ini diambil dari kelas IV yang berjumlah 34 orang dari 100% jumlah populasi 17 orang untuk kelas eksperimen dan 17 orang untuk kelas kontrol. Oleh karena itu, penelitian ini disebut penelitian sampel total. Untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV pokok bahasan bangun ruang di SD Negeri Tolang Jae maka data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif dengan rumus uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan uji perbedaan rata-rata. Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media, motivasi dan rasa ingin tahu siswa semakin meningkat dan suasana kelas menjadi lebih bergairah sehingga hasil belajar siswa semakin meningkatkan dari sebelumnya. Dari uraian di atas dan hasil perhitungan yang telah dilakukan maka, hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan media gambar yaitu thitung = 7,62 dan ttabel = 1,69 (thitung > ttabel). Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu Ada pengaruh antara media gambar terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD Negeri Tolang Jae. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar pokok bahasan bangun ruang lebih baik dari pada tidak menggunakan media gambar.