Hubungan penerapan metode pemecahan masalah dengan hasil belajar bidang studi matematika siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Sarini, Sarini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5597/1/07%20330%200033.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5597/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan metode pemecahan masalah dengan hasil belajar bidang studi matematika siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2010/2011. Hubungan tersebut dapat dilihat dari skor yang diperoleh siswa dalam menjawab angket tentang penerapan metode pemecahan masalah dengan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika yang diperoleh dan nilai raport siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian kuantitatif disajikan dalam bentuk deskripsi dengan menggunakan angka – angka statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, sedangkan sampelnya diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VIII4 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket yaitu untuk mengukur variabel bebas (penerapan metode pemecahan masalah), dan dokumentasi yaitu untuk mengukur variabel terikat (hasil belajar siswa) dengan mencatat nilai raport pada bidang studi matematika pada semester genap melalui Daftar Kumpulan Nilai (DKN). Sebelum disebarkan kepada sampel, angket terlebih dahulu telah di uji cobakan kepada siswa yang bukan menjadi sampel, guna melihat tingkat keabsahan dari instrumen yang dipakai melalui uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabelitas dengan menggunakan rumus alpha. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi Spearman Rank dan dilanjutkan dengan uji-t dengan taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode pemecahan masalah dengan hasil belajar bidang studi matematika, dimana berdasarkan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 5,152 > 1,694. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa kontribusi dari penerapan metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar bidang studi matematika adalah sebesar 45,29% dan sisanya 54,71% ditentukan oleh faktor lain.