Pendidikan agama islam dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Main Author: | Harahap, Erma Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5574/1/12%20310%200097.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5574/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam penerapan Pendidikan Agama Islam mencakup berbagai aspek. Salah satunya tentang ibadah shalat. Siswa di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran tersebut memiliki pengetahuan tentang cara melaksanakan shalat fardhu, tetapi faktanya dalam hal pengamalan shalat belum sepenuhnya terlaksana. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran dan apa saja upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran. Untuk mengetahui upaya yang dilakulan guru dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran. Jenis penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian diolah, dan dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama, reduksi data, kedua, penyajian data, dan ketiga, penarikan kesimpulan Adapun hasil penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut: Pertama, pengamalan ibadah shalat siswa Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran belum sepenuhnya terlaksana, masih ada beberapa siswa yang tidak melaksanakan shalat dari salah satu shalat yang lima waktu sehari semalam. Ada juga siswa yang melaksanakan shalat dengan keadaan terpaksa karena dengan adanya hukuman. Dalam hal ini dilihat dari pelaksanaan shalat siswa Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran belum sepenuhnya atas dasar kesadaran. Kedua,upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Hajoran adalah memberikan pendidikan keteladanan; salah satunya adalah guru selalu ikut dalam melaksanakan shalat ketika waktu telah tiba, memberikan pendidikan pembiasaan; salah satunya guru selalu menyuruh siswa untuk melaksanakan shalat lima waktu dan memberikan pendidikan hukuman bagi siswa yang tidak shalat; salah satunya membersihkan lingkungan sekolah/asrama.