Pengaruh penerapan model pembelajaran tipe SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola

Main Author: Nurhamma, Nurhamma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5571/1/07%20330%200023.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5571/
Daftar Isi:
  • Fenomena pembelajaran pada saat ini masih didominasi oleh pembelajaran dengan pendekatan tradisional, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru yang cederung dengan istilah “aku bicara kau mendengar”. Sehingga siswa tidak mampu mengembangkan penalarannya untuk memahami dan menyelesaikan masalahmasalah dalam matematika terutama pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Oleh karena itu, salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional serta meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menggunakan/menerapkan pembelajaran tipe SAVI. Dalam penelitian ini diajukan suatu permasalahan yaitu Apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran tipe SAVIdengan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran tipe SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini menggunakan metode peneitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Dalam penelitian ini yang menggunakan populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola yang berjumlah 242. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok sejumlah 62 siswa yang terdiri dari dua kelas masing-masing 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan post-test (setelah diberikan perlakuan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,71 > ttabel = 2,00. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa “ Ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran tipe SAVI terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan SPLDV kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola