Analisis pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan aqua pada depo Padangsidimpuan

Main Author: Arnita, Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5503/1/13%20230%200135.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5503/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dengan adanya pesaing yang baru dari merek minuman–minuman lain seperti merk Celine, Adira dan masih banyak merk yang lain. Kendala pemasaran produk Aqua ini ketika hujan turun, maka mempengaruhi pada tingkat pemasaran Aqua, karena terkadang barang yang ditawarkan akan berkurang kepada pembeli. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara variabel harga dan promosi terhadap volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara variabel harga dan promosi terhadap volume penjualan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Volume Penjualan, objek penjualan, profesi penjualan, tujuan penjualan, faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan dan konsep penjualan dalam Islam. Pemasaran/Bauran pemasaran, pemasaran dalam Islam, harga dan promosi Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, dengan jumlah sampel 96. Alat analisis yang digunakan adalah analisiss deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi R2. Dengan menggunakan program SPSS Versi 21. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan VP= 2713489092,28 + (-1267,947 Harga) + 1220568,761 Promosi + 554073507,35 dan data R square sebesar 0,116% hal ini berarti 11,6% variabel harga dan promosi mampu menerangkan variabel volume penjualan Aqua Depo Padangsidimpuan, sedangkan sisanya sebesar 88,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa harga memiliki thitung(harga) < ttabel (-0,079 < 1,660) tingkat signifikansi > α (0,937 > 0,05) artinya harga tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Promosi memiliki thitung(promosi) > ttabel ( 3,123 > 1,660) tingkat signifikansi < α (0,002 < 0,05) artinya promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa harga dan promosi memiliki Fhitung > Ftabel (6,107 > 3,09) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,003 < α 0,05 artinya harga dan promosi secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan.