Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam melakukan pembiayaan musyārakah di PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Rantau Prapat
Main Author: | Siregar, Hasdiana Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/549/2/11%20220%200059.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/549/ |
Daftar Isi:
- PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Rantau Prapat memiliki lokasi dan promosi yang baik. Kedua faktor ini mempengaruhi minat nasabah dalam melakukan pembiayaan musyārakah. Dapat melihat melalui data tersebut bahwasanya jumlah nasabah dari bulan september sampai bulan desember mengalami naik turun. Oleh karena itu, PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Rantau Prapat perlu mengembangkan promosi nasabahnya agar nasabahnya tidak berpindah kelembaga keuangan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah faktor lokasi dan faktor promosi berpengaruh terhadap minat nasabah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan dan pemasaran bank. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan lokasi, promosi, pembiayaan musyārakah dan minat nasabah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, koefisien determinasi, uji hipotesis, uji F, dan uji regresi berganda akan menggunakan alat bantu SPSS 17,0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil sebagai berikut: lokasi (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Rantau Prapat, terlihat thitung (4,020) > ttabel (1,997). Promosi (X2) tidak berpengaruh terhadap minat nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Rantau Prapat terlihat thitung (0,435) < ttabel (1,997). Variabel lokasi (X1) dan variabel promosi (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah terlihat Fhitung (8,178) > Ftabel (3,989). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,201 yang berarti minat nasabah mampu dijelaskan oleh variabel lokasi dan variabel promosi sebesar 20,1% dan sisanya 79,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedatisitas.