Metode guru dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Desa Siondop Julu Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Sihombing, Syarifah Hanum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5484/1/12%20310%200087.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5484/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana metode guru dalam meningkatkan pembelajaran terhadap mata pelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Al-Abraar desa Siondop Julu Kecamatan Angkola Selatan. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana metode guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, apa saja kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, dan bagaiman upaya guru dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren modern Al-Abraar desa Siondop Julu Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, dan apa kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab. Adapun lokasi penelitian ini adalah di Pondok Pesantren Modern Al-Abraar yang bartempat di desa Siondop Julu Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan yang sumber datanya diperoleh dari guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu peneliti yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah penelitian ini dilakukan dapat diketahui bahwa metode yang dilakukan guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Abraar adalah dengan penggunakan metode mufradhat (kosa kata), metode muthala’ah (membaca), metode imla’ (dikte), metode insya (mengarang), metode muhadasah (percakapan) dan metode mahfuzhat (menghapal). Kemudian kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab yaitu latar belakang pendidikan santri yang berbeda, dan kurangnya minat santri dalam pelajaran bahasa Arab. Sedangkan upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab yaitu memberikan motivasi kepada santri, memberikan nasehat, arahan, tugas menghapal dan menggunakan gaya belajar yang bervariasi.