Penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam materi iman kepada Allah (asmaul husna) siswa kelas X-5 di SMAN 3 Padangsidimpuan
Main Author: | Nurhayani, Nurhayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5481/1/12%20310%200071.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5481/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X-5 di SMAN 3 Padangsidimpuan. Hal ini dikarenakan kurangnya memvariasikan metode belajar Pendidikan Agama Islam sehingga membuat siswa bosan dalam belajar dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Adapun salah satu metode pembelajaran yang membuat cara belajar siswa aktif yaitu metode discovery. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi iman kepada Allah (asmaul husna) siswa kelas X-5 di SMAN 3 Padangsidimpuan” ? dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X-5 dengan diterapkannya metode discovery pada materi iman kepada Allah (asmaul husna) dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 di SMAN 3 Padangsidimpuan yang berjumlah 35 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi iman kepada Allah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal keaktifan belajar siswa 9 atau 25% dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 37% (13 dari 35 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh 68.9. Pada penerapan metode discovery di SMAN 3 Padangsidimpuan tahun 2016/2017 menunjukkan bahwa berlangsung dengan baik, hal ini didukung dari peningkatan aktivitas belajar siswa dengan total keaktifan siswa 25 pada akhir siklus I dan 34 pada akhir siklus II, dapat juga dilihat dari hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77% dengan nilai rat-rata kelas pada akhir siklus I 79 yang meningkat menjadi 91% dengan nilai rata-rata kelas 93 di akhir siklus II, maka penelitian ini sudah mencapai nilai yang diharapkan dan penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi iman kepada Allah (asmaul husna) siswa kelas X-5 di SMAN 3 padangsidimpuan tahun 2016/2017.