Peranan guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi beajar siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Pasaribu, Rita Mashuri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5471/1/10%20310%200113.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5471/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran karena terlihat siswa masih banyak diperdapati kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini penelitian ini bagaimana peranan guru PAI dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan?, apakah faktor-faktor yang mempengaruhi peranan guru PAI dalam memotivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? Tujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peranan guru PAI dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan motivasi dalam proses pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metodologi penelitian ini diskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengolahan dan analis data yang digunakan dalam penelitian ini editing data, klasifikasi data, reduksi data, penafsiran data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa peranan guru PAI dalam memotivasi belajar siswa sangat baik dengan berbagai cara yaitu: memberi angka, hadiah, memberi ulangan, memberikan pujian, memberikan hukuman, dan kompetisi. Selanjutnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu: kondisi kesehatan siswa berpengaruh pada semangat belajarnya, kondisi situasi di kelas guru PAI sangat diharapkan mampu menciptakan suasana yang menggembirakan, kondisi psikologis dan kondisi fisik yang baik juga merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat belajar siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.